Pameran Arsip Virtual ANRI Capaian Tertinggi di Triwulan I Tahun 2021

Penyelenggaraan Pameran Arsip ANRI secara virtual  dalam rangka Pelayanan Pengguna Arsip Sebagai Memori Kolektif dan Jati Diri Bangsa  sukses menjaring hingga lebih dari 3 juta pengunjung. Hal ini disampaikan  ANRI dalam Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev)  RKP 2021 TW I bersama Direktorat Aparatur Negara Kementerian PPN/Bappenas, Rabu (28/4).

Rapat yang dihadiri sejumlah pejabat mulai dari Direktur Kearsipan, Kepala Pusat Akreditasi, Kepala Balai Arsip Statis Dan Tsunami dan Perwakilan Biro Perencanaan dan Humas ANRI ini memaparkan 11 Rincian Output (RO) Prioritas ANRI dalam RKP 2021 beserta realisasi capaiannya salah satunya terkait pameran arsip virtual.

 “Target kami untuk Pameran Arsip Virtual semula sebesar 144.260 orang/pengguna, namun diluar dugaan melonjak tajam hingga mencapai lebih dari 3,5 juta pengunjung atau sekitar 1.303 %”  ujar Retno Wulandari, Koordinator Layanan Arsip Statis & Pusat Studi Arsip ANRI

Menanggapi hal tersebut, Bappenas meminta penjelasan lebih lanjut terkait melonjaknya jumlah pengguna layanan arsip virtual dan antisipasi kedepan agar data yang dihasilkan bisa lebih objektif.

Retno mengungkapkan alasan dibalik meningkatnya jumlah pengunjung yang salah satunya disebabkan penggunaan beragam portal media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Website dan Youtube.

Dalam pelaksanaannya, pameran arsip ANRI ini diselenggarakan secara onsite maupun online. Namun, khusus pameran onsite, pengunjung diwajibkan membawa hasil rapid test Covid-19. Dengan ketentuan baru  ini disinyalir penyebab melonjaknya jumlah pengunjung yang lebih memilih pameran virtual dibanding pameran onsite.

 “Kami akan mengevaluasi dan menindaklanjuti hal ini. Rencana ke depan, kami akan membuat sistem antrian online dan pembatasan jumlah pengunjung untuk layanan onsite. Kedepannya, akan dibuat sistem pemilahan data yang lebih akurat, yang benar-benar merefleksikan pemanfaatan kearsipan oleh masyarakat bukan hanya sekedar kunjungan”, tutup Retno.

  • By admin
  • 2021-04-28
  • Jakarta