Event Terbaru

Diskusi Pakar Penajaman Arah Pembangunan Jangka Panjang Bidang Aparatur Negara: Manajemen SDM Aparatur

  • 2022-06-07
  • Jakarta

Jakarta - Dalam rangka penyusunan Background Study RPJPN 2025-2045 dan RPJMN 2025-2029 bidang Aparatur Negara, Direktorat Aparatur Negara dan Transformasi Birokrasi Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan Diskusi Pakar Penajaman Arah Pembangunan Jangka Panjang Bidang Aparatur Negara, dengan isu spesifik terkait Manajemen SDM Aparatur. Kegiatan dilaksanakan secara hibrid (luring maupun daring) bertempat di Hotel Four Points by Sheraton, Jakarta Pusat pada Selasa, 7 Juni 2022. 

Diskusi dibuka dan dipimpin langsung oleh Direktur Aparatur Negara dan Transformasi Birokrasi Kementerian PPN/Bappenas, Prahesti Pandanwangi. Adapun narasumber yang hadir yakni (i) HR Director Bluebird Group, Pambudi Sunarsihanto, (ii) Dosen Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Dr. Riani Rachmawati, dan (iii) Kabag Pengembangan SDM pada Biro SDM Kementerian Keuangan, Dr. Subandono, mewakili Kepala Biro SDM Kementerian Keuangan. 

Dalam pengantarnya, Ibu Prahesti menyampaikan bahwa arah reformasi kelembagaan birokrasi dalam visi Indonesia 2045 diwujudkan melalui reposisi peran pemerintah sebagai regulator dan fasilitator untuk pencapaian kepentingan publik. Pemerintah akan mengedepankan kolaborasi dan kokreasi dalam penyelenggaraan pemerintahan serta pelayanan publik. Oleh karenanya, ciri birokrasi 2045 digambarkan dengan struktur kelembagaan yang adaptif, efektif, dan kolaboratif, tata kelola yang terbuka, partisipatif, dan berbasis TIK serta SDM ASN yang profesional dan berintegritas.

“Tantangan pembangunan ke depan yang makin kompleks memerlukan peningkatan kapasitas ASN. Hal tersebut kemudian dihadapkan dengan adanya pandemi COVID-19 yang mendorong perubahan besar pengelolaan SDM dan organisasi pada struktur yang lebih agile dan berbasis jejaring, pengaturan kerja yang fleksibel, pengambilan keputusan yang terdesentralisasi, dan manajemen talenta yang luwes” ujarnya.

Sementara itu, Bapak Subandono menjelaskan bahwa mengacu dinamika tantangan global saat ini dan masa depan, Kementerian Keuangan menyusun konsep Transformasi Manajemen SDM yang dilakukan di 6 area yaitu (i) penataan SDM, (ii) pengembangan kompetensi, (iii) manajemen talenta dan suksesi, (iv) manajemen kinerja dan sistem penghargaan, (v) afirmasi, diversity, kesejahteraan; dan (vi) optimalisasi Human Resources Information System (HRIS). 

“Terkait pengelolaan SDM berbasis data, data HRIS telah dimanfaatkan dalam mendukung manajemen SDM dimulai dari perencanaan (rekrutmen), pengembangan, manajemen kerja hingga pemberhentian” pungkasnya.

Selanjutnya, Bapak Pambudi menyatakan bahwa menghadapi perubahan yang dinamis, mau tidak mau semua sektor harus melakukan inovasi dan adaptasi. Dalam hal ini Bluebird telah melakukan adaptasi pada jasa transportasi yang sebelumnya konvensional menuju pada digitalisasi melalui sistem reservasi yang beragam, cara pembayaran, dan diversifikasi produk. Namun, menurutnya transformasi digital tidak hanya mentransformasi hardware/software yang berupa sistem maupun perangkat, namun yang terpenting adalah people agar siap bersiap di dunia yang baru.

“Dalam melakukan transfomasi digital untuk meningkatkan kapabilitas SDM, perlu dilakukan dengan meningkatkan digital fluency, digital ideation, implementation dan digital improvement”, ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut, Ibu Riani menyampaikan bahwa ASN perlu memiliki professional expertise, strategic orientation, dan innovation capabilities, dan juga dilengkapi dengan wawasan mengenai inklusi, keberagaman, dan keadilan dalam melayani masyarakat yang multikultur. Hal ini diperlukan dalam menghadapi dinamika perubahan sosio-kultural masyarakat agar keberadaan ASN tetap relevan.

“ASN perlu menginternalisasi nilai-nilai inclusion (gender, generation, dan difable), diversity (minority group dan economic condition), serta equity (IDE). Harapannya, konsep IDE dalam birokrasi ini dapat tertuang dalam dokumen perencanaan selanjutnya.” tuturnya menambahkan. 

Bahan paparan dan rekaman Zoom Meeting dapat diakses melalui tautan https://bit.ly/BahanDIskusiRPJPN07062022.

 

Read more