Bappenas Selenggarakan Diskusi Pengelolaan Pendidikan dan Pelatihan BUMN dan Swasta

Jakarta - Direktorat Aparatur Negara Kementerian PPN/Bappenas, Jum’at, 13 Agustus 2021 mengadakan Focus Group Discussion (FGD) seri ke-3 bertema Pengelolaan/Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan BUMN dan Swasta dengan mengundang  narasumber dari Telkom Corporate University (Corpu) ,PT. HM Sampoerna Tbk dan Indonesia-X. FGD ini difokuskan untuk memperoleh informasi terkait best practices Pengelolaan Diklat Pegawai BUMN dan Swasta dan menghasilkan masukan atau rekomendasi dalam penyusunan kajian kebijakan dan strategi Reformasi Diklat ASN.

Dalam diskusi ini, perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi terbesar di Indonesia , PT. Telkom mendirikan Telkom Corporate University (Corpu) untuk menghasilkan digital talent readiness dan future digital leaders dan Global Corporate University tahun 2019-2020 yang berfokus pada Substaining International Standard sebagai Telkom Portofolio Engine.

Di sisi lain, PT. HM Sampoerna Tbk memiliki Sampoerna Learning and Development Goals melalui 1) Building Self Learning Culture, membangun budaya belajar mandiri melalui berbagai platform learning; 2) Employee Own Their Development, dimana pegawai memiliki tanggung jawab sendiri untuk menentukan perkembangannya; dan 3) Closing the Skills Gap (Build Self Learning Culture) untuk membangun Budaya Belajar Mandiri, Individual Development Plan untuk mendorong individu membuat rencana pengembangan diri dan One Stop Learning Solutions untuk membangun digital learning platform #AdaWaktunyaBelajar

Sedangkan, Indonesia-X sebagai penyelenggaraan e-learning market place dan kolaborasi penyedia e-learning membuat Massive Open Online Course (MOOC) yang dapat diakses secara gratis di seluruh Indonesia. Tantangan yang dihadapi pada awalnya  adalah sedikit kesulitan memperkenalkan platform pembelajaran digital pada masyarakat, akan tetapi setelah era disrupsi dan double disrupsi pandemi Covid,  kesadaran untuk membuat pembelajaran berbasis e-learning  mulai tumbuh. 

  • By admin
  • 2021-08-13
  • Jakarta